Menyimpulkan Isi Teks Tanggapan Kritis

Toko Buku Online Belbuk.com

Menyimpulkan Isi Teks Tanggapan Kritis merupakan materi pelajaran bahasa Indonesia kelas IX SMP semester genap.

Berikut adalah langkah-langkah menyimpulkan isi teks tanggapan

Pertama. Kita harus membaca teks tanggapan dengan cermat dan saksama. Baca keseluruhan teks. Setelah itu kita baca kembali setiap paragraf.

Kedua. Setelah membaca paragraf dengan saksama, tenentukanlah kalimat utama atau kalimat pokok setiap paragraf. Dengan menentukan kalimat pokok atau kalimat utama, kita dapat menyimpulkan isi suatu paragraf.

Ketiga. Setelah mengetahui isi suatu paragraf, berikutnya kita tarik simpulan.

Guna membuat suatu simpulan yang baik dan dapat dipahami, ada beberapa hal yang selazimnya diperhatikan.

– Simpulan merupakan hasil analisis dari paragraf yang sudah dibaca.

– Simpulan selazimnya menggambarkan isi dari paragraf.

– Simpulan hanya berisi hal-hal yang terdapat dalam paragraf.

Setelah kita bisa menyimpulkan paragraf, saatnya untuk berlatih…

Perhatikan teks tanggapan kritis berikut!

Pentingnya Olahraga bagi Kesehatan Tubuh

Saat ini banyak anak dan remaja yang tidak suka berolahraga, mereka lebih memilih bermain permainan dan aplikasi yang ada pada gawai. Hampir seluruh anak dan remaja yang malas berolahraga mengatakan bahwa olahraga melelahkan, tetapi sebenarnya olahraga sangat bermanfaat dan menyehatkan tubuh.  Olah raga tidaklah merugikan, tetapi sangat menyehatkan. Banyak manfaat olahraga yang belum kita ketahui. Dengan berolahraga dapat memperlambat dan mencegah penyakit jantung, strok, tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes, osteoporosis, dan banyak penyakit lainnya. Berolahraga bahkan bisa memperlambat proses penuaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Banner Iklan Sariksa

 Kemudian, aktivita  fisik   dapat meningkatkan   jumlah  oksigen dan nutrisi yang sampai  ke sel akibatnya kekuatan otot dan daya tahan meningkat. Olahraga juga membuat jantung dan paru-paru   bekerja secara   efisien  sehingga  energi   yang dihasilkan   menjadi semakin besar  dan siap digunakan untuk segala aktivitas.           

Olahraga dapat membantu mencapai berat badan ideal yang sehat. Saat berolahraga kalori akan dibakar, kelebihan lemak tubuh akan diubah menjadi energi, bahkan metabolisme tubuh akan tetap tinggi meskipun kita selesai olahraga. Berolahraga teratur juga dapat menghilangkan stres, sebab olahraga mampu meningkatkan kadar norepinephrine di dalam tubuh yang bermanfaat untuk meredakan stres. Selain itu, produktivitas hippocampus akan meningkat saat kita mengeluarkan keringat dan bagian otak ini berfungsi untuk meningkatkan memori.

Olahraga sangatlah menyehatkan dan menyenangkan, juga kaya akan manfaat. Hal yang perlu diperhatikan adalah janganlah olahraga berlebihan. Olahraga 3–5 kali dalam seminggu selama 30 menit per hari lebih baik daripada olahraga berjam-jam, tetapi hanya seminggu sekali.

Sumber: http://kisusyenni29.blogspot.co.id/2016/02/teks-tanggapan-kritis.html 

Setelah membaca teks tersebut, silakan simpulkan isinya!

Alternatif jawaban dari https://adelistiyanto.com/pengertian-dan-contoh-teks-tanggapan-kritis/

Saat ini banyak anak-anak dan remaja yang tidak suka berolahraga, tetapi sebenarnya olahraga sangat menyehatkan. Banyak manfaat olahraga yang belum kita ketahui. Olahraga juga membuat jantung     dan  paru-paru            bekerja   secara   efisien.

Olahraga   dapat    membantu         membakar          kalori     dan        bermanfaat untuk meredakan stres. Olahraga sangatlah menyehatkan dan menyenangkan sehingga cobalah berolahraga 3–5 kali dalam seminggu selama 30 menit per hari.

Demikian

Tinggalkan komentar